2:38 pm - Sunday October 26, 2014

Pemerintah akan Gelar Sidang Isbat 1 Ramadhan pada 8 Juli

14 Viewed Cyber Dakwah Team Comments
don

 

Pemerintah akan menentukan awal bulan puasa 1 Ramadan pada 8 Juli 2013 melalui mekanisme sidang isbat. Menteri Agama Surya Dharma Ali mengatakan, sidang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

“Memang sudah ada yang umumkan bulan puasa 1 Ramadan 9 Juli. Tapi pemerintah belum putuskan. Nanti akan diketahui jatuhnya 1 Ramadan,” ujar Dharma Ali di Istora Senayan, Jakarta, Rabu 3 Juli 2013.

Ia mengatakan, sejak 1 Juli lalu, Kementerian Agama sudah mendatangkan sejumlah organisasi Islam untuk mendengarkan laporan terkait penghitungan atau rukyat di berbagai tempat. Dari hasil tersebut, lanjutnya, Kemenag kemudian mencocokkan secara ilmiah melalui hisab atau penghitungan.

Dari situ lah Pemerintah akan memutuskan kapan jatuhnya 1 Ramadhan itu. Dia yakin, akan ada perbedaan seperti yang sudah-sudah. “Karena kriteria bulan terlihat di beberapa tempat derajatnya itu berbeda-beda. Ada 6 derajat, ada di bawah 2 derajat, bahkan ada 1 derajat,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahkan ada masyarakat di Sulawesi Selatan yang menghitung awal bulan Ramadhan dengan menggunakan pasang surut air laut. Maka itu, pihak Kemenag mengimbau masyarakat untuk memahami adanya perbedaan.

Namun, ia berharap, apapun yang nantinya menjadi keputusan pemerintah, dapat dijadikan sebagai keputusan pemersatu dari perbedaan tersebut. “Perbedaan itu tidak bisa dicegah,” kata dia. (Viva)

Don't miss the stories followCyber Dakwah and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
kabe_kaba_1

Pengurangan Kuota Haji Membawa Berkah

POLWAN-jilbab1

Tentang Izin Polwan Berjilbab, Ternyata Kapolri Omdo

Related posts
Jangan Lewatkan!close